Selasa, 24 Februari 2015

Kesaksian Artis Indonesia “Nafa Urbach”

Kesaksian dari seorang artis indonesia, yang hidupnya hancur karena putus cinta, jatuh kepada obat-obatan, rokok dan minuman. Bagaimana dia harus kehilangan kontrak sinetron dan iklan karena keputusan yang di ambil untuk berani melangkah di kehidupan yang baru. Biarpun hari-hari terasa sulit saat itu tetapi dia tetap mau Percaya, bahwa Allah turut bekerja dalam segala perkara untuk mendatangkan kebaikan.

Lahir dari keluarga tidak Percaya
Saya seorang selebriti dan memiliki kehidupan yang cukup sukses. Pada waktu itu saya tidak mengenal Yesus karena keluarga kami bukan dari keluarga yang mengenal Yesus. Yang pertama mengenal Yesus dalam keluargaku adalah Ibu saya, kenapa demikian karena pada saat itu, Ibuku kena kanker, dia lumpuh, Dokter berkata tidak dapat  menolong Ibuku. Pada saat itu ada seorang Pendeta yang adalah Dosen Ibu saya tiba-tiba lewat di depan pintu kamar ibuku.

Ibu Saya yang pertama Percaya
Lalu dia ketemu Ibuku dan berkata ada seorang yang sanggup menyembuhkan kamu dan engkau dapat berjalan lagi, asalkan kamu percaya dengan Iman dan ucapkan dengan Mulut. Ibu saya bilang terserah, karena saya butuh kesembuhan, saya masih memiliki anak-anak yang masih kecil, pada saat itu saya belum sekolah baru masuk TK. Bapak Dosen tersebut menumpangkan tangan diatas kepala Ibu saya dan berdoa, dia berkata bangun dan berjalanlah Dalam Nama Tuhan Yesus Kristus, seketika itu juga Ibu saya bangun dari kursi roda dan berjalan. Dari situlah Ibu saya memilih Tuhan Yesus sebagai Juruselamat, walaupun di tentang oleh banyak keluarga karena kami bukan keluarga yang mengenal Yesus.

Saya tinggal sama Kakek dan Nenek
Saya sendiri tidak langsung untuk mengikut Ibu saya karena saya tinggal di kota Magelang di rumah nenek saya, jadi kalau hari kamis dan jumat saya ngaji sedankan kalau hari minggu saya pulang ke rumah ibuku, saya ikut sekolah minggu. Sampai satu saat Nenek dan Kakek saya berkata kamu harus memilih satu, lalu saya memilih ikut nenek dan kakek.

Menjadi Artis
Saya bertumbuh menjadi seorang yang dewasa dan menjadi selebriti lalu saya pancaran, saya sempat berpikir bawa dia adalah jodoh saya tetapi ternyata tidak, saya putus dengan dia pada saat itu umur saya 21 tahun.

Putus pacaran membuat stres
Karena dia pacar pertama saya jadi saya stres, saya mulai jatuh di narkoba, rokok dan minuman akibat putus cinta, samapai saya sakit, saya sudah berusaha untuk berdoa untuk mencari kesembuhan tetapi tidak mendapatkan. lalu saya pergi berobat ke Singgapura.

Acara kesembuhan di TV
Ada acara TV yang saya lihat tetang kesembuhan. Saya dengarin lalu saya memiliki keinginan untuk baca Alkitab, karena saya berusaha mencari saya mendapat sebuah ayat  di dalam Mazmur 6:3-5

(Mazmur 6:3 [LAI TB] “Kasihanilah aku, TUHAN, sebab aku merana; sembuhkanlah aku, TUHAN, sebab tulang-tulangku gemetar, 6:4 dan jiwaku pun sangat terkejut; tetapi Engkau, TUHAN, berapa lama lagi? 6:5 Kembalilah pula, TUHAN, luputkanlah jiwaku, selamatkanlah aku oleh karena kasih setia-Mu”)

Ketika saya membaca ayat tersebut saya langsung menangis dan saya disembuhkan. Saya mulai pulang kembali ke indonesia dan mencari Tuhan setiap hari, saya suka membaca Alkitab.

Belajar Firman
Pada saat itu saya tidak langsung berkata kepada orang saya pindah Kristen, karena saya banyak pengemar nanti apa yang terjadi kalau saya berkata demikian. Karena saya berteman dengan Kakak Ari Wibowo setiap hari rabu saya ke rumah dia untuk belajar Alkitab.

Kembali kekehidupan lama
Pengenalan akan Tuhan sempat berhenti karena saya ketemu dengan teman-teman saya yang lama lalu kembali ke kehidupan saya yang lama. Saya ketemu dengan pacar saya yang baru dan sekarang menjadi suami saya, ketika saya ada diskotik.

Mendapat Pacar Baru
Pacar saya mulai pedekatan kepada saya, sering datang kerumah membawa buah dan lokasi pengambilan film. Kenapa buah yang sering dia ambil karena Bapak dia adalah jurangan buah. Akhirnya dia menyatakan cintanya kepadaku dan aku terima, dia tanya agamamu apa? Saya mulai teringat kalau saya pernah memiliki pengalaman dengan Tuhan Yesus di Singgapur, akhirnya saya berkata agamaku Kristen. Lalu dia berkata karena kamu kristen maka saya akan ikut dengan kamu saja.

Pergi Ke Gereja
Pada suatu saat saya dengan dia pergi ke Gereja, saya mengenal Yesus duluan tetapi kalau lahir baru yang pertama yang mengalami adalah suamiku. Jadi kita berdua saling memperlengkapi. Dia adalah orang yang berapi-api kalau menyampaikan Nama Yesus, saya sangat bersyukur Tuhan memberikan dia kepadaku.

Umumkan bahwa saya Percaya Yesus
Ketika saya ke Gereja sering diikuti oleh wartawan sehingga membuat saya terganggu, lalu ibu saya bilang saya harus berani katakan kepada mereka kalau saya sudah menjadi Kristen, wah itu akan menjadi masalah buat saya karena saya sedang suting empat sinetron ada kontrak dengan beberapa Iklan. Tapi tidak tahu kenapa sampai pada saat itu saya memiliki kekuatan yang kuat sehingga saya berkata, baik mama, saya buat konfrensi pers, saya umumkan bahwa saya Percaya Tuhan Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat saya.

Saya Kehilangan Kontrak
Pada saat itulah saya melewati yang namanya peremukan karena memikul Salib, waktu-waktu yang tidak enak saya rasakan, sampai-sampai saya marah kepada Tuhan karena saya harus kehilangan semua kontrak sinetron dan iklan. Bagi saya hal tersebut sangat berat bagi saya untuk menghadapi masalah tersebut dalam kehidupan saya, tetapi saya percaya Allah turut bekerja dalam segala perkara untuk mendatangkan kebaikan.

Saya bersyukur kepada Tuhan, karena biarpun saya mengalami banyak kejatuhan-kejatuhan tetapi Tuhan Yesus tetap mengajari aku untuk kembali lagi. Dari hal-hal tersebut saya belajar artinya bersyukur, memaafkan dan rendah hati. Karena saya dulu meraya harus menjadi orang yang harus di hormati, tetapi sekarang berbeda, saya harus menghormati orang tersebut masalah dia mau menghormati saya atau tidak itu urusan Tuhan. Yang penting kita lakukan Semua untuk Tuhan, memang tidak mudah kalau setiap hari kita harus memikul SALIB. Masalah boleh ada tetapi saya memiliki Tuhan yang besar dari masalah saya. Amin
Sumber: Dari Youtube

Catatan
Dari Kesaksian Nafa Urbach, mengajar kita untuk melihat bahwa pertolongan Tuhan masih Nyata dalam kehidupan orang-orang yang belum mengenal Tuhan. Dari Semua yang di sampaikan ada seorang yang pasti selalu mendoakan Nafa Urbac untuk percaya adalah ibunya. Karena ketika ibunya pertama mengenal Tuhan, dia sudah berusaha mengajari anaknya untuk datang kepada Kristus tetapi keluarga berusaha menentang hal tersebut sehingga dia tidak tinggal bersama ibunya melainkan sama kakek dan nenek. Doa selalu di naikan kepada Tuhan untuk keselamatan di tengah-tengah keluarga. Cukup waktu yang begitu lama sampai doa terjawab, ketika anaknya berusia 21 tahun mulai membuka hati kepada Tuhan Yesus.

Dia Tuhan yang memilki cara tersendiri untuk mengubah setiap Pribadi untuk mengenal Dia sebagai Tuhan dan Juruselamat. Ini adalah menjadi pergumulan Doa buat kita yang telah Percaya untuk selalu berdoa kepada mereka yang bulum Percaya kepada Tuhan Yesus atau mereka sudah percaya tetapi hidupnya masih terikat dengan dosa. Tetap selalu mendoakan mereka, kita tidak tahu kapan mereka bisa bertobat tetapi kita percaya waktu Tuhan adalah yang terbaik, asal apakah kita masih menabur dalam doa, itulah tugas-tugas kita. Amin.

Kumpulan Kisah Nyata:

42 komentar:

  1. Tiada yg mustahil bagi yg percaya.

    BalasHapus
  2. Tuhan Yesus baik, mujizat masih ada bagi orang yg percaya dan mengasihi Dia. Amin

    BalasHapus
  3. Tuhan Yesus baik, mujizat masih ada bagi orang yg percaya dan mengasihi Dia. Amin

    BalasHapus
  4. Tuhan Yesus baik, mujizat masih ada bagi orang yg percaya dan mengasihi Dia. Amin

    BalasHapus
  5. Assalamualaikum Wr.Wb
    Yesus itu nabi bukan Tuhan !! ingat itu pengakuan dari kitab nya sendiri -_-
    Hanya mengingatkan dan meluruskan kejalan yang benar,
    Allah berfirman "Lakum dinukum waliyadin" artinya "Bagimu agamamu, bagiku agamaku"
    Bandingkan kitab kalian dengan Qur'an dan temukan jawaban yang benar tentang agama. Karena ini menyangkut kehidupan di dunia dan di akhirat.
    Sekian Terima Kasih.
    Wassalamualaikum Wr.Wb

    BalasHapus
    Balasan
    1. I forgive u for being deaf and blind...

      Hapus
    2. "Allah berfirman "Lakum dinukum waliyadin" artinya "Bagimu agamamu, bagiku agamaku"
      Apakah Allah punya agama?

      Hapus
    3. yup, Yesus adalah buatan pertama Tuhan, malaikat pertama, tangan kanan.

      Hapus
    4. Apa dasar anda mengatakan Yesus adalah buatan pertama Tuhan?
      Yang benar Yesus itulah Tuhan dan segala sesuatu Dialah yang membuatnya. Allah Bapa menciptakan segala sesuatunya di dalam Dia dan oleh Dia.

      Mungkin anda salah mengartikan ayat yang berbunyi: Amin, Saksi yang setia, permulaan dari segala ciptaan Allah."
      Ayat ini bukan berarti Amin termasuk dalam ciptaan, melainkan Amin adalah yang memulai pekerjaan penciptaan. Amin adalah ALFA dan OMEGA.

      Hapus
    5. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    6. Saya buddhist, kita indonesia bukan negara satu agama doang.
      hargai agama lain disekitar kita, itu akan maka org lain dpt menghargai agama kita juga.
      thanksss

      Hapus
    7. ISLAM ITU BUKAN AGAMA APALAGI RAHMAT DARI ALLAH......ISLAM ADALAH TRADISI ARAB YG DIMANIPULASI SEDEMIKIAN RUPA SEHINGGA MEMBUAT RATUSAN JUTA MANUSIA BODOH TERUTAMA YG ADA DI INDONESIA MENYANGKAL BUDAYA ASLINYA SENDIRI DAN TERUS MENJADI BUDAK ARAB2 BODOH YG MERACUNI ORANG MUSLIM LEWAT ALQURAN DSB DAN TERUS MENERUS MENGURAS HARTA PARA MUSLIM YG DGN BODOHNYA SETIAP TAHUN PERGI MENHABISKAN UANG DAN WAKTUNYA DI MEKAH DAN MEDINAH TUK NAIK HAJI PADAHAL ANAK2 DAN PASANGAN HIDUPNYA TERLANTAR DI TANAH AIR.....
      SEMOGA DGN BERJALANNYA WAKTU DAN PROSES PENDIDIKAN MAKA MEREKA BISA CEPAT DISADARKAN....amin yarobillallamin....

      Hapus
    8. Kok terakhirnya Amin Yarobbal Alamin Yang dimaksud Rob disini siapa???

      Hapus
    9. hahahahaaaaa,.........lu memang benar dan heboh, getoooooo,........kan da jelas, agamamu adalah agamamu dan agamaku adalah agamaku,........trus MASALAH BUAT, LOEEEE,....???? koq mo pake banding alqur'an mu ma kitab injilku. supaya loe tau, heeeee,........ga ada tu nabi ato rasul dari manapun yang bisa bilang ; AKULAH JALAN KEBENARAN DAN HIDUP,.......AKULAH ROTI HIDUP,.......AKULAH FIRMAN ITU,...AKU YANG MENCIPTAKAN LANGIT DAN BUMI,..........AKULAH KEBANGKITAN DAN HIDUP, BARANG SIAPA PERCAYA PADAKU MAKA IA AKAN HIDUP......n many more,.....lu ga percaya, baca aja tu alkitab, biar loe tau bedanya kalo benar ga ada nabi ato rasul yang berani katakan spt itu,...jelas, Boy,...????

      Hapus
    10. Mengenai Yesus adalah Tuhan
      http://www.sefyorsol.com/2015/04/yesus-adalah-tuhan.html

      Hapus
    11. Menurut Qs 10:90 "Tidak ada Tuhan didunia ini,selain Tuhannya Bani Israel "
      Bukti Kebenaran suatu kitab sehingga bisa dikatakan suci dari ALLAH harus min ada 4 orang nabi /Rasul yg menerima wahyu Allah, apalagi bila ada 40 orang, wow amat sangat meyakinkan dan mantap. Yg cuma ada satu nabi penerima wahyu dlm kitabnya, harap siap2 meninggalkan / menukar kitab tsb

      Hapus
    12. Di dunia ini hanya ada 1 saja..ONLY ONE,alkitab yang menceritakan dari penciptaan sampai kedatangan Tuhan yang ke dua kali THE 2nd Coming yaitu INJIL.Sedangkan kalian sdh tau kalo yg akan menjadi Imammahdi (ma'af kl salah menulis)Hakim akhir jaman adalah ISA,mgknkah nabi boleh menghakimi selain Tuhan Allah??

      Hapus
  6. Utk sdr yg Muslim. .. Kristen bkn agama krn agama tdk akan menyelamatkan saudara dr Neraka. Yesus Kristus mati sbg kurban utk tebus dosa saudara (termasuk muslim) dan saya, Dia tanggung dosa kita jd saat saudara percaya Tebusan itu berlaku bagi saudara. Dosa yg membawa sakit penyakit dan kematian di Neraka di tanggung Yesus Kristus, Kita hanya perlu percaya dan taat firmannya.

    Melalui Yesus saudara yg percaya miliki Jalan Ke Sorga...sesuatu yg Nabi Muhammad sendiri tdk miliki.

    Kalo mau yakin, saudara bisa test apakah Nabi Muhammad atau Yesus Kristus yg adalah Juruselamat saudara. Panggil nama mereka nasing2 minta tujukan kebenaran yg benar spy saudara Tahu Persis tdk sedang menuju Neraka.

    Yesus Kristus satu2nya Tuhan yg Hidup yg mampu berikan kehidupan pd dunia dan akhirat.

    BalasHapus
  7. Saudaraku yang muslim.. Kenapa kalian harus membenci kami? Apa salah kami?
    Kami tidak pernah protes dengan Toa mesjid yg berkumandang setiap hari..
    Kami tidak pernah protes sampai demo, karna kalian saudaraku menutup jalan utk dipakai sholat berjamaah,
    kami tidak berdemo supaya pembangunan mesjid dihentikan atau dilarang..
    kami tidak ingin menyakiti hati kalian.. Kenapa kalian suka menyakiti hati kami?
    Kita ini bersaudara... Kita sama2 memiliki kelengkapan fisik yang sama.. Kenapa harus saling menyakiti..
    Agamamu adalah agamamu... Agamaku adalah Agamaku..
    Biarlah kami menyembah Tuhan kami dengan tenang, seperti kalian memuja Allah kalian..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yes, I absolutely agree with the above-mentioned statement. Grow and develop Religious Tolerance as has been guaranteed in and/or by the 1945 constitution of the Republic of Indonesia. Thus, religious persecution in Indonesia must be banned because it is against human right

      Hapus
  8. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  9. Kpn umat umat muslim pernh membenci kalian ,,,?ajaran kami tdk prnh mengajarin kami untuk membenci agama lain..jjika islam itu membeci kristen sdh dari dulu kristen tdk aman tinggal di indonesia...!! Seharusnya anda bersykur tinggal di negara indonesia yg mayoritas islam tanpa ada penindasan...bahkan kalian merayakan natal di gereja di jagain gereja kalian sama polisi sedangkn kmi hari raya idul fitri ap kh anda melihat polisi berjaga2 seperti yg di lakukan pda agama kalian...jwbnx Tidak...itu adalh slah satu toleransi agama kmi kpda agama kalian....
    jadi suka tdk suka, mau tdk mau tdk ada hak kalian untuk protes azan berkumandang di mn2 dan pembangunanan mesjid dihentikan krna ini indonesia adalah negara mayoritas islam tp jika anda msih kberatan silahkan anda pindah negara saja yg di mna ngarax mayorotas kristen...

    BalasHapus
    Balasan
    1. ini bukan soal agama,juga ini bukan soal negara,ini bukan soal kemakmuran,atau kemiskinan,tapi soal keselamatan ,soal menerima Tuhan yesus sebagai juruselamat Pribadi..Tuhan Yesus berkenang menyelamatkanmu seperti tlah dislamatkanNya saudara seimanku N.U dan dan saudaru /i kuse indonesia dan seluruh dunia..Sekali percaya yesus selamanya Tetap Yesus..salam dari Papua Gbu.all

      Hapus
    2. apakah anda buta?anda ga pernah baca di sosmed dimana agama islam itu menjelek2an TUHAN kami?jangan asal jeplak mba kalo ngomong.

      Hapus
  10. Kpn umat umat muslim pernh membenci kalian ,,,?ajaran kami tdk prnh mengajarin kami untuk membenci agama lain..jjika islam itu membeci kristen sdh dari dulu kristen tdk aman tinggal di indonesia...!! Seharusnya anda bersykur tinggal di negara indonesia yg mayoritas islam tanpa ada penindasan...bahkan kalian merayakan natal di gereja di jagain gereja kalian sama polisi sedangkn kmi hari raya idul fitri ap kh anda melihat polisi berjaga2 seperti yg di lakukan pda agama kalian...jwbnx Tidak...itu adalh slah satu toleransi agama kmi kpda agama kalian....
    jadi suka tdk suka, mau tdk mau tdk ada hak kalian untuk protes azan berkumandang di mn2 dan pembangunanan mesjid dihentikan krna ini indonesia adalah negara mayoritas islam tp jika anda msih kberatan silahkan anda pindah negara saja yg di mna ngarax mayorotas kristen...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau nulis komentar hati2..
      Negara dengan mayoritas Muslim bukan berarti Negara Muslim.. Ini Negara Indonesia.
      Negara yang menganut PANCASILA.. Diingat buk..

      DAN BAGI PEMELUK AGAMA APAPUN, BERKOMENTARLAH SESUAI DENGAN JUDUL. JANGAN ADA YANG MERASA AHLI AGAMA, JALANI SAJA.. BUKAN URUSAN MANUSIA TENTANG SURGA ATAUPUN NERAKA..

      Hapus
  11. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  12. Hanya orang bodoh yang mengatakan indonesia mayoritas maupun minoriitas..... dan kebodohan itu muncul oleh karena semakin tingginya pendidikan org2 dibidang agama dan semakin banyaknya oorg2 yg merasa dirinya telah mencapai puncak ibadahnya.... mari kita pelajari kembali sejarah perjuangan masa lampau, tidak dikenal istilah mayoritas dan minoritas, semua bahu membahu dgn satu tujuan Indonesia Merdeka, maaf kalau tdk sopan

    BalasHapus
  13. Makin lari dari konten kyaknya.. Kok malah berdebat mengenai agama sih? dulu saya Islam namun Yesus Kristus telah menyelamatkan saya,. dan saya menaruh iman dan pengharapan hanya padaNya,. siapa benar siapa salah, akan nyata pada waktunya.. dan saya percaya Yesus adalah Tuhan yg memberi hidup kekal bagi orang percaya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin broo,maju trus jadi saksi ya..salam dari papua Gbu.all

      Hapus
  14. Dalam nama Yesus hqncurkan kuasa gelap


    BalasHapus
  15. Dalam nama Yesus hqncurkan kuasa gelap


    BalasHapus
  16. Dalam nama Yesus hqncurkan kuasa gelap


    BalasHapus
  17. Stiap manusia mempertanggung jawabkan stiap apa yg di lakukanx masing2.. Tdk ada itu istilahx dosamu di tanggung org laen. Masuk Surga tdk segampang itu boy.. Pikiran jngn sempit, jman skrg msuk PNS ja susah, pa lgi masuk surga..

    Org yg pling bersih pun hrus mandi dulu pk sabun, sampoo dll untuk mastikan dirix bersih dri aktivitasx di luar rumah krna di luar ada polusi debu yg tanpa di sadari hinggap di kulit. Ibaratx itu sama. Kta pasti di bersihkan dulu dri dosa2 yg telah kta perbuat untuk pastikan kta telah bersih dri dosa2 yg tlah kta lakukan, stlah suci bru lah di persilahkan msuk surga..

    Klo kalian pikir dosamu sdh ada yg tebus, kalian keliru. Km yg perbuat, km yg bertanggung jawab atas kelakuanmu.. Bertobatlah sblum terlampau jauh..

    BalasHapus
  18. Buat kita semua, mari kita berikan yang terbaik untuk negara ini. kita memang berbeda-beda. tapi kita adalah anak bangsa yang punya tugas sama, yaitu menjaga keutuhan dan keamanan semua warga dan biota Indonesia. peganglah keyakinan agama kalian demi keselamatan kalian. jangan mudah di pecah belah. niscaya perpecahan hanya membawa kemunduran belaka.

    BalasHapus
  19. Numpang lewat aja...
    Shaloom...
    Assalamualaikum wr. wb...
    Om swastiastu...
    Namaste...
    Wie De Dong Tian...
    As-salamu 'alaikum bismil-Masih...(Pelajarin salam yg ini...bagi yg mau mempelajari ya)

    BalasHapus
  20. Assalamualaikum... Salam sejahtera saudara seiman ataupun yg berbeda iman.. Saya hanya ingin mengingatkan saudara semuanya... Klo ada org muslim yg menghujat agama lain berarti dia belom mnjalankan syariat islamnya dgn baik... Sbg muslim sy mnta maaf kpd saudara saya yg kristen apabila ada saudara muslim saya yg menghujat dgn mengatakan agama islamlah yg benar... Klo org muslim yg baik dia psti akan lebih fokus utk mnjalankan perintah illahi dgn baik dan benar tnpa harus memikirkan agama lain... Klo allah berkehendak semua manusia psti diberikan petunjuk jalan yg lurus tnpa harus ada perdebatan.. Yaa itu semua krna allah adalah tuhan yg maha ESA.. Yg salah itu manusianya .. Islam bnyk yg ngga menjalankan perintah allah dgn baik.. Kristen jg banyak yg ngga mnjalnkan agamnya dgn baik begitu jg dngn agama 2 lain... Jd pelajarilah agama qta msing msing dr hati dngn baik sesuai tuntunan kitab qta msing2 tanpa harus mncela.. Dan berdoalah agar qta diberikan petunjuk memgang agama yg lurus ..krna hanya allah lah yg maha mmbolakbalikan hati manusia.. Andaikan nabi isa AS dan nabi muhammad SAW bs mmbawa manusia kejalan yg lurus psti beliau akan lakukan bahkan semua nabi psti akan melakukannya.... Jd semua itu kmbali lg ke MANUSIANYA... Selalu memohonlah kpd tuhan yg maha ESA agar diberi petunjuk agama yg lurus .. Wassallamualikum ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Walaikumsalam. Salam sejahtra juga buat anda. Sya setuju dengan perkataan anda,saya juga sebagai umat nasrani(kristen) meminta maaf kalau mungkin ada beberapa kata dari teman2 saya yang tidak berkenan pada anda. Tapi menurut saya pribadi, yang namanya toleransi itu bukan mengenai agama karena smua agama menyuruh untuk mengasihi, tetapi dari orang itu sendiri

      Hapus
  21. saya suka bacanya, tapi terlalu di paksain.. nafa urbach itu emang awalnya kristen, mualaf jadi islam karena pacaran sama primus, lalu akhirnya balik kristen lagi dan menikah dengan Zack Lee.

    BalasHapus