Kamis, 04 Oktober 2012

Perlu Olahraga 1 jam tiap hari


Sebuah penelitian di dalam Journal of the American Madical Association memperlihatkan bahwa lebih dari 34.000 wanita paruh baya dapat melakukan kegiatan secara rutin selama 60 menit per hari selama 13 tahun hidupnya. Namun tidak semua orang bisa seperti itu. Lantas, kalau begitu apakah kita tidak bisa mempunyai tubuh yang sehat?

Untungnya, penelitian tersebut tidak menekankan pada berapa lama untuk berolahraga, tapi menunjukan pentingnya MET. (MET singkatan dari ‘metabolik equivalent’ atau persamaan metabolic). Artinya, 1 MET merupakan jumlah energy yang terbakar didalam tubuh anda ketika anda duduk di sofa. Menghabiskan waktu berjalan-jalan akan menghabiskan 3 MET anda. Semakin intens kegiatan anda, semakin tinggi angka MET anda.


Penelitian tersebut menyebutkan jika anda ingin tetap seperti keadaan tubuh anda sekarang, anda perlu menghabiskan 21 MET selama seminggu. Jadi jika anda berolahraga dengan berjalan kaki, anda harus menghabiskan 1 jam setiap hari. Namun, jika anda ingin sedikit intensif, anda perlu melakukan olahraga lain yang lebih berat dari berjalan-jalan.

Berikut adalah saran yang bisa anda lakukan:
v  Bersepeda di tempat yang datar selama 40 menit 4x seminggu
v  Bersepeda ekstrem yaitu sambil memutar cukup dengan 2 jam lamanya
v  Bermain tennis selama 60 menit
v  Berenang 3x seminggu selama 1 jam (bila penuh semangat cukup 2x seminggu)
v  Bermain dengan anak anda 4x seminggu selama 1 jam
v  Berdansa selama 70 menit 4x seminggu
v  Berkeringat selama 50 menit melalui kelas tari 3x seminggu
v  Mendorong kereta bayi di lingkungan tinggal anda selama 50 menit 5x seminggu
v  Lari dengan kecepatan 6km/jam selama 42 menit selama 3x seminggu


Ingat, kegiatan di atas tidak termasuk dalam aktivitas anda lainnya ketika anda melakukan pekerjaan anda, seperti naik tangga atau pergi ke supermarket. Dan yang pasti, ketika anda bertambah usia dan metabolism anda berkurang, anda perlu meningkatkan aktivitas anda. Dengarkan kata tubuh anda, jangan dengarkan histeri anda.

Kumpulan Kisah Nyata



Tidak ada komentar:

Posting Komentar