Jumat, 20 Desember 2013

Kendalikan Waktu Anda

Salah satu kunci terpenting untuk menggapai keberhasilan hidup adalah pengaturan waktu yang baik. Ini bukan perkara sukar, hanya tergantung komitmen pribadi. Untuk itu kita dapat melakukan langkah-langkah berikut ini.

Buatlah daftar pekerjaan yang harus diselesaikan menurut tingkat kepentingannya. Untuk itu pahamilah setiap jenis pekerjaan. Ada hal-hal yang harus dikerjakan tetapi dapat ditunda, ada pula yang tidak harus dikerjakan dan dapat ditunda.

Tentukanlah waktu yang akan dialokasikan untuk setiap hal. Pastikan kita telah memberikan waktu yang cukup untuk tiap pekerjaan. Alokasi waktu yang terlalu sedikit berpotensi membuat hasil pekerjaan tidak maksimal. Sedangkan alikasi waktu yang terlalu banyak akan membuat penyelesaian pekerjaan lainnya tertunda. Jadi, bijaksanalah dalam membagi waktu.

Fokuslah pada pekerjaan dengan prioritas yang lebih tinggi. Jangan mencampur adukan prioritas karena dapat merusak jalinan waktu menyelesaikan pekerjaan. Pada bagian inilah komitmen pribadi memegang peranan yang vital.

Untuk mendukung ketiga hal di atas, latihlah diri kita untuk selalu mampu:
Berkata “tidak” pada prioritas rendah yang tidak penting. Sadarilah, kita tidak selalu memiliki energy untuk memenuhi setiap tuntutan diri sendiri dan orang lain. Jadi kita harus belajar berkata “tidak” kepada prioritas rendah, agar dapat mencurahkan perhatian pada hal-hal yang lebih penting.

Serukan “ya” pada kegiatan hidup anda yang menjadi prioritas tinggi. Saat kita telah memutuskan hal-hal yang perlu dilakukan, kita dapat pula berkata “tidak” pada hal-hal lain yang baik, tetapi tidak tepat dilakuakn sekarang.

Kumpulan Kisah Nyata:
Mengambil Nilai Positif Dari Mimpi-Mimpi Buruk Kita

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar