Salah satu kunci terpenting untuk menggapai keberhasilan
hidup adalah pengaturan waktu yang baik. Ini bukan perkara sukar, hanya
tergantung komitmen pribadi. Untuk itu kita dapat melakukan langkah-langkah
berikut ini.
Buatlah daftar
pekerjaan yang harus diselesaikan menurut tingkat kepentingannya. Untuk itu pahamilah setiap jenis
pekerjaan. Ada hal-hal yang harus dikerjakan tetapi dapat ditunda, ada pula
yang tidak harus dikerjakan dan dapat ditunda.
Tentukanlah waktu yang
akan dialokasikan untuk setiap hal. Pastikan kita telah memberikan waktu yang cukup untuk tiap
pekerjaan. Alokasi waktu yang terlalu sedikit berpotensi membuat hasil
pekerjaan tidak maksimal. Sedangkan alikasi waktu yang terlalu banyak akan
membuat penyelesaian pekerjaan lainnya tertunda. Jadi, bijaksanalah dalam
membagi waktu.
Fokuslah pada pekerjaan
dengan prioritas yang lebih tinggi. Jangan mencampur adukan prioritas karena dapat merusak
jalinan waktu menyelesaikan pekerjaan. Pada bagian inilah komitmen pribadi memegang
peranan yang vital.
Untuk mendukung ketiga hal di atas, latihlah diri kita untuk
selalu mampu:
Berkata “tidak” pada prioritas rendah yang tidak penting.
Sadarilah, kita tidak selalu memiliki energy untuk memenuhi setiap tuntutan
diri sendiri dan orang lain. Jadi kita harus belajar berkata “tidak” kepada
prioritas rendah, agar dapat mencurahkan perhatian pada hal-hal yang lebih
penting.
Serukan “ya” pada kegiatan hidup anda yang menjadi prioritas
tinggi. Saat kita telah memutuskan hal-hal yang perlu dilakukan, kita dapat
pula berkata “tidak” pada hal-hal lain yang baik, tetapi tidak tepat dilakuakn
sekarang.
Kumpulan Kisah Nyata:
Mengambil Nilai Positif Dari Mimpi-Mimpi Buruk Kita
No comments:
Post a Comment