Dua Arti dalam Bahasa Yunani untuk kata “Firman”

Firman dapat diartikan dalam dua cara dalam bahasa Yunani asli yaitu Logos dan Rhema. Logos adalah firman Allah yang tertulis, ayat-ayat Alkitab. Rhema adalah firman yang dihidupkan (suatu firman dari Alkitab yang diterangi, atau firman yang lainnya).

Logos adalah firman yang telah diucapkan atau firman Allah yang telah dikatakan. Yakobus 1:21 memerintahkan agar kita “menerima dengan lemah lembut logos yang tertanam di dalam hati, yang berkuasa menyelamatkan jiwa”. 

Ayat-ayat lain di mana kata “logos” dipakai: Mrk. 7:13; Luk. 3:4; Yoh. 8:31; 15:3; Kis. 20:35; Kol. 3:16; 1 Ptr. 1:27; Why. 6:9, dll.

Rhema adalah firman Allah yang sedang dikatakan-Nya. Firman rhema adalah suatu firman pilihan Allah, yang spesifik, yang dihidupkan. Sering kali rhema datang dari firman logos (yang tertulis), atau dari karunia-karunia Roh yang lain, tetapi rhema tidak perna berlawanan dengan Firman yang tertulis. Sebuah firman rhema adalah firman dari Allah kepada kita yang di khususkan untuk saat ini. 

Dalam Matius 4:4 di mana Kristus berkata. “Manusia bukan hidup dari roti saja, tetapi dari setiap rhema yang keluar dari mulut Allah. “Manusia diajari untuk berdoa meminta” makanan sehari-hari” (atau suatu firman yang baru dari Allah setiap hari). Darimanakah datangnya iman? 

Roma 10:17 memberitahu kita bahwa iman datang dari pendengaran akan rhena Allah, bukan dari logos. Iman datang ketika dengan kemahakuasaan-Nya Allah memberikan suatu firman rhema kepada kita. Firman rhema datang kepada orang-orang yang rajin mencari Allah.

Kumpulan Firman Tuhan:

Comments

Popular posts from this blog

Manusia Lama dan Manusia Baru

Mukendi, Mantan Dukun Terkenal di Afrika

Profile Daud Tony "Mantan Dukun Indonesia"