Rabu, 03 Oktober 2012

Cara Menagatasi “Ngantuk Berat”


Rasa ngatuk kadang menggangu kita, jika tidak pada jam yang tepat.

Bagaimana cara mengatasinya?

Apakah kopi bisa mengatasi solusi untuk mengusir ngatuk saat bekerja?
Belum tentu, untuk itu perhatikan beberapa hal berikut ini:

1.    Bangaun dari kursi dan berjalan-jalan sejenak
Barjalan-jalan sejenak bisa mengurangi rasa ngantuk. Berjalan selama 10 menit dapat mengingkatkan energy hingga dua jam ke depan. Itu karena saat berjalan, oksigen dipompa melalui pembuluh darah anda ke otak dan otot.


2.    Pilih cemilan yang sehat
Cemilan sehat dapat meningkatkan energy lebih lama, seperti kacang mentenga pada kerupuk gandum atau batang seledri. Yogurt dan segenggam kacang-kacang atau buah segar.

3.    Usahakan ngoblol
Jika anda tidak konsentrasi, ngobrolah atau membuat pikiran agar rileks sejenak. Kalau ngaskus di rumah ngobrol sama orang di rumah, kalau di kantor ngobrol sama rekan kerja.

4.    Bikin ruang kerja lebih terang
Lingkungan dengan pecahayaan redup memicu kelelahan. Studi menunjukkan cahaya terang dapat mengurangi ngantuk dan meningkatkan kewaspadaan.

5.    Tarik nafas dalam-dalam
Menarik nafas yang dalam dapat meningkatkan kadar oksigen darah dalam tubuh. Hal ini akan memperlambat detak jantung, menurunkan tekanan darah, dan meningkatkan sirkulasi, yang pada akhirnya membantu kinerja mental dan energy.

6.    Perbanyak minum ari putih
Dehidrasi dapat menyebabkan kelelahan. Pastilah anda minum banyak air dan makan, makanan yang mengandung kadar air tinggi seperti buah dan sayuran.

7.    Olah raga
Hasil analisis 70 penelitian yang melibatkan lebih dari 6.800 orang, para ahli dari universitas Georgia menemukan, olah raga lebih efektif meningkatkan energy dan mengurangi kelelahan di siang hari dari pada mengonsumsi obat.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar